Tempat-tempat wisata Tana Toraja yang sedang Hits dan wajib kamu kunjungi

41
0

HASBITUBEHD – Toraja merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan yang sudah sering diderang namanya di telinga nusantara. Bagaimana tidak, Toraja terkenal dengan beberapa tradisi dan budaya yang unik dan masih kental dilakukan hingga sekarang. Selain itu di Toraja juga sangat banyak sekali tempat-tempat wisata yang begitu indah dan eksotis.

Berikut ulasan singkat rekomendasikan daftar nama dan tujuan tempat wisata terbaik yang ada di Toraja yang wajib kamu kujungi.

KETE KESU

Kete Kesu merupakan salah satu desa wisata yang ada di Tanah Toraja. Desa ini menjadi objek wisata karena memiliki pemandangan yang menarik, seperti kompleks rumah adat yang disebut dengan Tongkonan. Nah di Tongkonan ini sering dijadikan tempat menyimpan mayat sebelum dikubur.

Di Kete Kesu juga terdapat sebuah bukit yang katanya ditempat itu penuh sekali dengan benda purbakala yang berusia ratusan tahun. Terdapat pula goa-goa kecil yang memiliki fungsi sebagai tempat menyimpan mayat tanpa dikubur. Jika kamu merasa tertantang dan penasaran maka tak salah jika mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

LONDA

Londa adalah sebuah makam yang ada di Toraja, tentu saja tempat ini wajib kamu kunjungi. Londa dikenal dengan wisata religi, banyak yang datang juga berdoa untuk para arwah yang dimakamkan disini. Tempatnya strategis dan mudah dijangkau. Sekitar kurang lebih hanya 7 km jika kamu berangkat dari Kota Rantepo. Banyak akses yang bisa kamu gunakan seperti ojek dan rental kendaraan.

Meski terkesan mistis, tempat ini dikelilingi dengan pegunungan sehingga hawa yang dirasakan sangat sejuk dan dingin. Ada tebing yang digunakan sebagai letak dari peti mati.

KAMPUNG LOLAI

Objek wisata ini berada sekitar 20 kilometer dari Ibukota Kabupaten Toraja Utara, Rantepao. Julukan negeri di atas awan disematkan karena lokasinya berada di ketinggian 1.300 mdpl. Hingga kini, Kampung Lolai tak pernah sepi pengunjung, baik dari dalam maupun luar negeri. Tak jarang pemandangannya mengundang decak kagum wisatawan.

Suguhan pemandangan alam di tempat ini seolah tak ada habisnya. Pengunjung bisa melihat gundukan awan putih yang memesona. Selain itu, menikmati sunrise pun bisa dilakukan di sini. Apalagi sambil ditemani oleh manisnya secangkir kopi Toraja. Panoramanya dijamin bisa membuat pikiran kamu segar kembali.

PATUNG YESUS BUNTU BURAKE

Wisata religi Buntu Burake terletak sekitar 4 km dari pusat kota Makale, Tana Toraja. Nama Buntu Burake semakin mendunia setelah di puncaknya berdiri Patung Tuhan Yesus memberkati yang disebut tertinggi di dunia.

Patung ini memiliki tinggi 40 meter menghadap Kota Makale. Icon wisata Tana Toraja ini mengalahkan tinggi patung Kristus Penebus di Brazil jika dihitung dari permukaan laut. Dari kawasan Buntu Burake, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan kota Makale dan gunung-gunung yang indah yang mengelilingi Toraja.

TONGKONAN PALLAWA

Di Toraja memang banyak sekali tempat untuk melakukan upacara tradisi di masing-masing daerah yang mereka tempati. Salah satunya di Desa Pallawa juga memiliki sebuah Tongkongan, yaitu sebuah rumah dari leluhur yang digunakan untuk menyimpan jenazah. Di Pallawa sendiri, Tongkongannya dibangun berbentuk rumah adat dengan atap yang menyerupai perahu dan disusun dengan bambu. Selian itu, disamping Tongkongan tersebut juga digunakan sebagai tempat menyimpan padi atau lumbung.

MAKAM GOA LONDA

Meski memiliki nama Goa, tempat ini tidak berbentuk seperti goa pada umumnya. Goa Londa adalah salah satu makam yang sangat dikenal di Toraja. Meski tempat ini adalah sebuah pemakaman, kamu tidak perlu takut dengan cerita mistis yang ada. Tempat ini memang dijadikan tempat wisata dan dibuka oleh umum. Jika kamu ingin masuk ke dalam goa, kamu hanya perlu membayar 25 ribu rupiah. Di sini Kamu akan menemui tengkorak-tengkorak manusia di dalam goa.

LEMO

Objek wisata lainnya yang masih mengangkat budaya Toraja adalah Lemo. Lemo dikenal dengan rumah para arwah oleh warga sekitar. Ketika kamu sampai di tempat ini, langsung dapat melihat beberapa jenazah yang disimpan. Bahkan disimpan di tempat terbuka. Meski tempat ini dikenal dengan wisata misteri, masih banyak juga pengunjung yang datang kemari untuk mengobati rasa penasarannya. Lokasi Lemo tidak jauh dari Kota Makale, banyak sekali akses yang menawarkan untuk bisa kesini.

Pesona alami Sulawesi Selatan memang tak pernah ada habisnya. Apalagi jika berbicara tentang Toraja. Deretan objek wisatanya memiliki eksotisme tersendiri, mulai dari budaya hingga pemandangan alam yang memesona. Selain kamu dapat menemukan hal yang baru, tentu saja bisa sambil belajar tentang budaya lain yang ada di Indonesia. Ayo, segera atur jadwal wisata Anda bersama keluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here