HasbiTubeHD – Di tengah kemegahan dan kemajuan negeri ini, ternyata masih ada suku yang memiliki kebiasaan menyantap daging manusia. Mereka hidup berkelompok diatas rumah pohon ditengah belantara bagian selatan Papua yang kondisi alamnya berawa dan diapit dua sungai besar dan gunung-gunung dan merupakan suatu wilayah daratan yang sulit untuk ditinggali dan dijangkau. Disinilah wilayah kekuasaan Suku Aneh Korowai, satu-satunya suku kanibal pemakan manusia yang diyakini masih tersisa di Indonesia hingga saat ini.

Suku Korowai sendiri baru ditemukan keberadaanya sekitar 40 tahun yang lalu di pedalaman papua yang berpopulasi sekitar 3000 orang yang hidup terasing diatas pohon-pohon yang dikenenal dengan sebutan rumah tinggi, beberapa rumah mereka bisa mencapai ketinggian hingga 50 meter lebih dari permukaan tanah. Hingga tahun 1970 suku Korowai tidaklah mengetahui bahwa ada orang lain selain kelompok mereka.

Suku Korowai akan menghukum mati manusia yang dianggap melanggar aturan terhadap adat setempat. Misalnya ketika seseorang diketahui sebagai tukang sihir atau di kenal dengan sebutan khuakhua. Warga yang di curiagi sebagai tukang sihir akan diadili jika banyak bukti kuat yang memberatkannya, maka ia akan segera dibunuh dan dimakan, yang dimana anggota tubuhnya akan dibagi-bagikan kepada semua warga suku Korowai, dan yang paling menyeramkan otaknya akan dimakan selagi hangat. Sedangkan bagi orang yang berhasil membunuh orang yang dicurigai sebagai tukang sihir maka ia berhak menyimpan tengkoraknya.

Jadi bagi masyarakat suku Korowai membunuh dan memakan daging manusia merupakan suatu peradilan dari sistem pidana mereka. Setelah memakan habis tubuh korbannya mereka akan memukul-mukul dinding rumah tinggi mereka dengan kayu sambil bernyanyi semalaman. Masyarakat suku Korowai tidaklah mengomsumsi daging manusia secara sembarangan.

Diantara sejumlah peneliti dan antropologi yang datang melihat suku Korowai menjelaskan, meski masyarakat suku Korowai memiliki kebiasaan memakan daging manusia, hal itu ternyata tidak dilakukannya setiap saat. Suku Korowai setiap hari mereka mengomsumsi berbagai macam hasil alam seperti sagu, pisang dan tumbuhan pakis.

Mereka juga biasa memakan daging hewan hasil buruanya, dan ritual memakan daging manusia sudah berkurang sejak mereka memulai mengenal dunia luar, Akan tetapi masyarakat suku Korowai sejauh ini masih memiliki kebiasaan memakan daging manusia dan yang lebih mengerikan hampir semua anggota suku Korowai pernah ikut memakan daging manusia. Bagi mereka kanibalisme bukanlah sesuatu hal yang dianggap tabu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here