HasbiTubeHD – Ujung Dunia itulah istilah yang sering menggambarkan tempat-tempat yang letaknya di dekat daerah kutub bumi. Selalu terkesan terpencil dan dingin, ujung dunia ini ternyata dihuni oleh orang-orang yang mampu bertahan di lingkungan yang ekstrem. Sebut saja daerah terpencil Siberia di Rusia.

Di tengah lingkungan ekstrem Siberia yang liar, ternyata masih ada orang-orang yang bertahan hidup. Mereka ada kelompok-kelompok suku asli Siberia yang hidup di suhu minus 50 derajat celcius. Saat bertahan hidup dalam suhu minus 50 celcius, makanan mereka adalah daging rusa mentah. Diketahui bahwa suku ini sudah sangat tua dan jauh dari peradaban.

Suku Asli Siberia

Ialah Suku Nenets. Sekelompok orang yang hidup nomaden yang tinggal di wilayah Yamal-Nenets, sebuah kawasan yang juga berarti ujung dunia. Letak persisnya ada di pinggiran Rusia, sebelah barat laut Siberia. Suhu di sana bisa turun sampai pada keadaan di mana bola mata pun bisa beku.

Mereka tinggal di dalam teepees atau rumah kerucut dengan persediaan makanan berupa daging rusa, mengenakan pakaian bulu rusa kutub, memakan daging rusa mentah, dan mengorbankan hewan-hewan itu kepada dewa-dewa agama kuno mereka.

Suku Nennets juga melakukan migrasi dengan perjalanan lebih dari 1.600 kilometer setiap tahun. Peralatan yang digunakan untuk mengangkut barang-barangnya adalah kendaraan khas salju atau slingges kayu buatan tangan.

Suku Nenets telah ada dan tinggal nomaden selama ribuan tahun di tundra Arktik. Jaraknya sendiri lebih dari 2.000 mil dari Moskow atau lebih jauh dari jarak antara London dan New York.

Saat ini, jumlah mereka mencapai sekitar 10.000 orang. Mereka adalah penggembala ulung kawanan rusa dengan jumlah sekitar 300.000. Suku Nenets mengikuti pola migrasi alami rusa kutub yang melintasi dataran datar dan perairan beku di Sungai Ob.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here