Jelajah Kampung Bakka Pangkep, Kampung Terisolasi di Hutan Belantara

23
0

HasbiTubeHD – Di tengah gempuran arus moderenisasi ternyata masih ada wilayah yang belum merdeka dari kegelapan, Kampung Bakka adalah sebuah perkampungan yang masih terisolir dari keramaian.

Jaraknya sekitar 20 kilo meter dari pusat kelurahan, untuk mengjangkau wilayah yang berbenduduk 340 jiwa ini, kita harus berjalan kaki dengan jalan terjal dan melewati semak belukar. Secara adminitratif kampung bakka masuk dalam wilayah pemerintahan kelurahan bontoa, kecamatan minasatene, kabupaten pangkep. Sekitar 40 kilo meter dari ibu kota kabupaten pangkep.

Kampung ini terisolasi dalam hutan belantara. Saat Malam hari kampung ini gelap gulita dan penerang hanya bergantung pada minyak, tak ada jaringan listrik PLN disini. Untuk mendapatkan 1 liter warga harus berjalan kaki berkilo-kilo meter untuk sampai di kota kelurahan. di Kampung ini hanya beberapa rumah yang menggunakan cahaya penerang dengan generator.

Puluhan rumah lainnya masih bergantung dengan lampu teplok atau lampu minyak tanah. Selain fasilitas listrik dan akses jalan warga disini sangat sulit mendapatkan pelayanan kesehatan, hanya tersedia pustu yang kadang tak ada perawat, bahkan pasien atau warga yang sakit harus digotong keluar kampung menggunakan tandu dari bambu yang dibungkus kain sarung. Memang warga disini merasakan merdeka dari penjajahan, tapi belum merdeka dari kegelapan, warga disini seolah sudah terbiasa hidup tanpa perhatian. Hasbi dari Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan Melaporkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here