HASBITUBEHD – Sungai Nil merupakan sungai terpanjang kedua di dunia setelah Sungai Amazon yang berada di Afrika. Sungai ini sering disinggung dalam ajaran Islam maupun Nasrani. Dalam ajaran agama, Sungai Nil merupakan saksi bisu kisah Nabi Musa dan Firaun. Berikut fakta dan misteri Sungai Nil.

Asal-usul Sungai Nil

Sungai Nil Memiliki panjang 6.853 KM, sungai terbentuk dari Mata air Sungai Nil berasal dari Rwanda dan Burundi. Mata air tersebut mengalir ke Sungai Nil menyeberangi Afrika lalu bermuara di Laut Mediterania.

Sungai yang sangat berpengaruh terhadap peradaban ini melewati beberapa negara. Hanya 22 persen dari Sungai Nil saja yang melewati mesir. Sisanya, sungai ini juga melalui Sudan, Burundi, Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Rwanda, dan Tanzania.

Memiliki Peran Penting dalam Pembangunan Piramida

Piramida adalah salah satu tujuh keajaiban dunia yang menjadi kebanggan bagi Mesir. ungai ini memiliki peran penting dalam pembangunan piramida. Blok-blok batu yang digunakan untuk membangun piramida ternyata diangkut melalui Sungai Nil. Jalur pengangkutan melalui Sungai Nil ini dimanfaatkan untuk menghemat waktu sehingga proses pembangunan piramida berjalan lebih cepat.

Ada Predator Mematikan di Sungai Nil

Fakta sekaligus misteri Sungai Nil yang satu ini pasti membuat Anda ngeri untuk datang atau sekedar duduk-duduk santai di tepi Sungai Nil. Sungai ini dihuni oleh salah satu predator besar yang mematikan, yaitu Buaya Sungai Nil. Buaya Nil merupakan spesies buaya terbesar kedua di dunia.

Dihuni Oleh Putri Duyung

Apakah Anda percaya terhadap keberadaan putri duyung? Putri duyung memang masih menjadi legenda karena di zaman modern seperti itu belum ada tanda-tanda yang membuktikan bahwa keberadaan, mahluk setengah manusia setengah ikan, tersebut benar-benar ada di bumi.

Salah satu misteri Sungai Nil yang sampai saat ini masih sangat terkenal adalah mitos tentang keberadaan putri duyung di sungai tersebut

Habitat Ikan-ikan Monster

Ikan monster adalah ikan dengan ukuran dan bentuk yang tidak lazim. beberapa ikan yang dapat ditemukan di sungai terpanjang kedua di dunia ini seperti Ikan Vundu Catfish, Ikan Vundu Catfish ini memang nampak seperti ikan lele dengan ukuran puluhan kali lipat lebih besar. Ikan yang beratnya sekitar 121 pon ini memiliki panjang lima kaki.

African Tigerfish akan mengingatkan Anda kepada ikan piranha. Ya, ikan yang satu ini memang berukuran kecil, tetapi mereka memiliki rahang yang kuat dan gigi yang tajam untuk mengoyak mangsanya. Jadi, walaupun ukurannya mini, African Tigerfish termasuk salah satu predator di dalam Sungai Nil.

Nile Perch Salah satu ikan air tawar terbesar di dunia ini dapat memiliki panjang hingga 2 meter dan berat hingga 200 kilogram. Nile Perch termasuk salah satu predator yang agresif dan kanibal, mereka tak segan untuk memangsa spesiesnya sendiri jika tidak ada hewan lain untuk disantap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here