Ayo Ke Pulau Gondong Bali Desa Mattiro Matae Pangkep

85
0

HASBITUBEHD – Banyak yang bilang Indonesia itu indah, bener gak sih. Untuk membuktikannya kali ini kami ingin explore salah satu pulau yang terdapat di Kabupaten Pangkep yaitu Pulau Gondong Bali lebih tepatnya Desa Mattiro Matae, Kec Liukang Tupabbiring. Untuk sampai kesini kita dapat menggunakan Perahu atau kapal di dermaga kota pangkep yang berjarak sekitar 33 Mil dan menempuh 4 jam perjalanan dengan harga sewa perahu sekali berangkat tiga puluh ribu rupiah.

Pulau dengan keramahan penduduk lokal ini menyuguhkan keindahan alam yang mempesona terdapat begitu banyak spot-spot menarik disini mulai dari panorama sunset yang begitu indah, nyiur melambai lambai disepanjang bibir pantai bisa kita temukan disini.

Selain panorama alamnya yang begitu indah. Disini juga terdapat Landak laut atau bulu babi warga setempat menyebutnya tie-tie, hewan ini merupakan hewan laut yang berbentuk bundar dan memiliki duri pada kulitnya dapat ditemukan saat air laut surut. Kandungan protein tinggi dan kalori yang rendah berkhasiat baik untuk kesehatan. Hewan bulu babi ini dapat dimakan langsung bersama dengan nasi dingin.

Desa yang berpenduduk kurang lebih 1723 Jiwa ini rata-rata Mata pencaharian Masyarakatnya mayoritas nelayan ada yang pergi menjaring (Perre-Perre), Memancing Cumi-cumi, memasang kail (rawe), pedagang dan pertukangan. Potensi Ekonomi desa yang lain adalah peternak Itik, ayam dan kambing.

Dipulau ini masyarakat telah menikmati adanya listrik walaupun masih terbatas hanya hidup 6 jam setiap hari. Akses jalan paving blok telah memudahkan masyarakat membawa barang dari dermaga ke rumah, selain itu Perahu atau kapal masyarakat tidak lagi merapat di tepi pantai Karena sudah ada dermaga, dan rumah-rumah masyarakat sudah terlindungi oleh abrasi. Desa yang kini dikepalai oleh Risal Idris secara berkesinambungan terus mengali potensi desa yang dipimpinya seperti sudah tersedianya sarana lapangan olahraga dan memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk budidaya sayuran yang dipelopori oleh TP PKK Mattiro Matae.

Kabupaten Pangkep yang dianugerahi tak kurang dari 117 pulau terus memanfaatkan potensi pulau-pulau yang dimilikinya. Salah satu buktinya yakni potensi yang terdapat di Desa Mattiro Matae Pulau Gondong Bali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here